UKIR PRESTASI DI MASA PANDEMI
UKIR PRESTASI DI MASA PANDEMI

By Taufiq (Humas) 27 Okt 2020, 14:22:41 WIB Humas

 

Demak - Acungan jempol layak diberikan kepada para anggota Pramuka Dewan Ambalan Trisula Dewa Trisula Dewi pangkalan SMAN 1 Demak yang berjuang di ajang Pramuka Garuda Berprestasi tingkat Kwartir Cabang Demak 2020. Di tengah pandemi corona, para anggota Dewan Ambalan ini mampu membuktikan diri mengukir prestasi membanggakan. Bahwasanya pandemi bukan sebuah penghalang dalam meraih prestasi. Dibuktikan oleh 3 siswa SMAN 1 Demak yang berhasil meraih prestasi di ajang Pramuka Garuda tingkat Kwartir Cabang Demak.

Kompetisi ini dilaksanakan pada tanggal 25-26 September 2020. Yang dilaksanakan di Sanggar Bhakti Pramuka Kwartir Cabang Demak dalam ajang Pramuka Garuda tingkat Kwartir Cabang Demak. Pramuka Garuda ialah Penghargaan tertinggi dalam setiap golongan pramuka. Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda. Seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda. Setelah dinilai cakap dan memenuhi persyaratan, calon Pramuka Garuda akan wawancarai oleh tim penguji yang terdiri dari tokoh kwartir, gugus depan, guru, orang tua, dan tokoh masyarakat.

Bentuk penghargaan bagi Pramuka Garuda berbentuk medali, memiliki pita dengan warna pinggiran putih dan warna garis tebal di tengah merah, di ujung pita terdapat medali yang terbuat dari metal berbentuk segi lima bergambarkan Burung Garuda yang memiliki tunas kelapa di dadanya, dan memegang pita bertuliskan: "SETIA, SIAP, SEDIA" yang menggambarkan sikap yang dimiliki setiap Pramuka Garuda.

Siswa siswi SMAN 1 Demak yang mendapatkan Penghargaan tersebut, diantaranya :

 

1. Muhammad Zahrul Fawaid

2. Nanang Agung Bimantoro

3. Fikri Haikal Alfian Diarti Putra

4. Ryan Kusuma Hidayat

5. Nelsen Stephanie Ahmad Al Gamdhi

6. Edoardo Yanuar Putra

7. Muhamad Khasan

8. Muhammad Nur Hasan

9. Berlian Hariratul Mahya

10. Siti Imronah

11. Ilya Ilma Nur Nazilah

12. Alfina Nur Halimah

 

Sungguh hebat bukan? SMAN 1 Demak memecah rekor peserta terbanyak yang ada di Kabupaten Demak. Nama-nama siswa tersebut merasa Pramuka Garuda adalah sesuatu yang baru yang belum pernah diraih/ikuti sebelumnya.

Setelah dikukuhkan menjadi Pramuka Garuda melalui proses pengujian, akhirnya diumumkan peserta 6 putra dan putri terbaik se Kwartir Cabang Demak. Siswa SMAN 1 Demak yang lolos diantaranya :

1. Nanang Agung Bimantoro

2. Muhammad Zahrul Fawaid

3. Ilya Ilma Nur Nazilah

4. Siti Imronah

Wawww!!! sangat tidak terduga. Lantas apa langkah selanjutnya?? Kami berjuang lebih agar mendapatkan juara berprestasi. Kami menghadapi berbagai macam seleksi, seperti menjawab soal PUPK, Semaphore, membuat pionering, membuat vlog dengan tema penanganan COVID-19, mengerjakan sandi kimia, dan membuat Teknologi Tepat Guna. lumayan banyak bukann??

Seleksi tersebut tidak membuat kami risau, justru membuat kami semangat berjuang. Selesai melaksanakan seleksi, peserta dikumpulkan di Aula Sanggar pramuka Kwarcab Demak untuk upacara penutupan sekaligus pengumuman juara berprestasi. Tak disangka sangka ternyata juara yang kami peroleh sangat luarbiasa.

Kejuaraan yang diperoleh, yaitu :

a. Siti Imronah : juara 2 Pramuka Garuda Berprestasi Cabang Demak (putri)

b. Nanang Agung Bimantoro : Juara 3 Pramuka Garuda Berprestasi Cabang Demak (putra)

c. Ilya Ilma Nur Nazilah : Juara Harapan 2 Pramuka Garuda Berprestasi Cabang Demak (putri)

Kita semua bisa menjadi juara, asalkan mau berusaha. Karena tidak ada hasil gemilang yang datang secara instan.

Jadi, jangan takut mencoba kawan! Sukses selalu untuk kita semua. Semoga akan terus muncul prestasi-prestasi gemilang dari SMAN 1 Demak yang selanjutnya.

 

JAYA SELALU SMANSADE !!!




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment